Informasi

5 rempah paling popular

Bukan rahasia lagi kalau rempah merupakan salah satu bumbu terpenting dalam masakan. Karena rempahlah, makanan jadi memiliki cita rasa sedap dan aroma yang menggugah selera.

Selain menjadi penambah cita rasa, rempah juga biasa digunakan sebagai obat herbal karena segudang manfaatnya. Bahkan, ilmu pengetahuan modern pun tak menyangkal akan manfaat kesehatan rempah yang luar biasa.

Pada artikel ini, kumparan akan mengenalkan macam-macam rempah populer berserta manfaat kesehatannya. Simak, yuk!

  1. Kayu manis untuk menurunkan gula darah

Kayu manis adalah jenis rempah yang paling populer. Biasanya ditemukan dalam segala resep makanan dan minuman. Kayu manis mengandung senyawa cinnamaldehyde.

Menurut studi yang dipublikasikan J Agric Food Chem, kandungan antioksidannya yang sangat kuat, bisa membantu melawan peradangan dan terbukti menurunkan kolesterol serta trigliserida dalam darah.

Masih dalam studi yang sama, kayu manis bisa menurunkan kadar gula darah dengan beberapa mekanisme. Termasuk dengan memperlambat pemecahan karbohidrat di saluran pencernaan, dan meningkatkan sensitivitas insulin.

2. Kunyit sebagai anti-inflamasi

Selanjutnya ada kunyit. Rempah yang sering digunakan sebagai pewarna alami pada makanan ini ternyata mengandung beberapa senyawa yang berfungsi sebagai obat. Salah satu senyawa paling penting dalam kunyit adalah kurkumin.

Kurkumin merupakan antioksidan yang sangat kuat, sehingga bisa membantu melawan kerusakan oksidatif dan meningkatkan enzim antioksidan pada tubuh.

Selain itu, kurkumin juga punya sifat anti-inflamasi yang bisa mencegah berbagai penyakit kronis. Menurut studi yang dipublikasikan dalam Brain Research; kurkumin bisa meningkatkan fungsi otak, mencegah penyakit Alzheimer, mengurangi risiko penyakit jantung dan kanker, hingga meredakan radang sendi.

3. Jahe untuk mengatasi mual

Siapa yang tak tahu jahe? Rempah populer yang selalu hadir dalam masakan Indonesia ini ternyata sering dipakai dalam pengobatan alternatif. Penelitian menunjukkan, 1 gram jahe ternyata berhasil mengobati mual. Ini termasuk mual yang disebabkan morning sick, kemoterapi, hingga mual di perjalanan.

Sama seperti kunyit, jahe juga punya sifat anti-inflamasi yang kuat yang bisa membantu mengatasi rasa sakit. Sedangkan studi yang dilakukan Cancer Prev Res (Phila), mencatat bahwa 2 gram ekstrak jahe per hari bisa menurunkan peradangan usus besar.

4. Rosemary mencegah alergi dan hidung tersumbat

Rosemary memiliki bahan aktif yang disebut asam rosmarinat. Kabarnya, zat ini terbukti bisa membantu mencegah alergi dan hidung tersumbat.

Dalam studi yang dipublikasikan Exp Biol Med (Maywood), dosis asam rosmarinat bisa menekan gejala alergi. Sedangkan, jumlah sel imun dalam lendir hidung juga ikut menurun.

5. Basil memerangi infeksi dan meningkatkan kekebalan

Sama seperti rosemary, basil juga merupakan daun atau herbal yang biasanya dijadikan rempah lpada masakan. Menurut studi, basil bisa menghambat pertumbuhan bakteri, ragi, dan jamur.

Sedangkan studi yang dipublikasikan dalam J Ethnopharmacol., menyebut basil bisa meningkatkan fungsi sistem kekebalan dengan meningkatkan sel-sel kekebalan dalam darah. Basil juga sering dikaitkan dengan penurunan kadar gula darah, mengobati kecemasan, dan depresi.

Sumber Informasi

One thought on “5 rempah paling popular

  1. Hi, this is a comment.
    To get started with moderating, editing, and deleting comments, please visit the Comments screen in the dashboard.
    Commenter avatars come from Gravatar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *